Alat Pembesar Untuk Membuat Foto Berwarna

20.02
Alat Pembesar Untuk Membuat Foto Berwarna
Kalau kita memotret dengan film ukuran 35 mm seperti yang umum dilakukan para penggemar, maka negatif yang diperoleh kecil pula dari negatif yang kecil itu tidak umum dilakukan cetak (contack printing) sebab gambarnya sekecil negatif itu pula, kecuali untuk keperluan khusus. Yang biasa ialah mengupahkannya untuk memperoleh foto yang lebih besar. 

Perusahaan propesional membesarkan foto dengan mesin yang dapat mengasilkan foto secara masal, artinya dalam jumlah banyak. Mesin serupa itu bukan para penggemar. Kalau anda ingin membuat foto berwarna sendiri, anda dapat melakukannya dengan alat pembesar, mirip dengan membesarkan foto hitam-putih.

1. PERKEMBANGAN ALAT PEMBESAR UNTUK MEMBUAT FOTO BERWARNA

Pada mulanya untuk membuat foto berwarna digunakan alat pembesar yang digunakan untuk foto hitam-putih. Untuk membuat foto berwarna, kita memerlukan lembaran-lembaran pernyaring, maka alat pembesar untuk foto hitan-putih itu memerlukan sedikit perubahan, yaitu dibahawah lensa dibuat sebuah laci untik menempatkan penyaring-penyaring yang diperlukan yaitu penyaring aditif. Dengan penyaring-penyaring aditif kita memerlukan tiga kali penyinaran secara bergantian. Tetapi karena cara ini banyak kekurangannya, maka diusahakan caranya, yaitu dengan satu kali penyinaran dengan memakai penyaring-penyaring substaktif dari jenis CC di bahawah lensa juga. 


Oleh karna penyaring CC harganya mahal, maka lebih banyak dipakai penyaring CP yang lebih murah. Karna penyaring CP letaknya antara lampu dan sarang negatif, sekarang alat pembesar itu umumnya mempunyai laci antara lampu dan sarang negatif. Kalau tidak ada penyaring dalam laci, alat pembesar itu dapat pula dipakai untuk membuat foto hitam-putih. Kemudian di antara alat-alat pembesar yang modern itu ada pula yang sarang lampunya dapat dicopot dan diganti dengan kepala pengatur warna. Tetapi ada pula yang kepala pengatur warnannya tidak diganti-ganti.
Kami juga melayani sewa photo booth-fotografer bintaro.
Previous
Next Post »