Event Terbaru

Membuat Foto Berwarna Dengan Metode Substraktif

20.34
Membuat Foto Berwarna Dengan Metode Substraktif
Setelah memahami berbagai sifat warna, film, penyaring, ketas foto, begitu pula cara menggunakan alat pembesar, dan terakhir cara mengoreksi warna, anda sudah mencapai pokok persoalan, yaitu membuat foto berwarna. Namun sebelum anda membuatnya ada baiknya diingat lebih dahulu, bahwa kebersihan merupakan factor yang paling penting untuk memperoleh foto yang baik secara terus menerus. 

Kebersihan itu tergantung dari kebiasaan anda. Yang pasti ialah, bahwa akan selalu terjadi kerugian material dan waktu maupun kesalahan-kesalahan yang lain, yang 90% dari padanya dapat dihindarkan kalau anda selalu menurut suatu pola cara kerja yang teratur.

1. 2 JENIS PEKERJAANMembuat foto berwarna dilakukan melalui dua jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan pada bagian kering dan pekerjaan pada bagian basah, sama dengan yang dilakukan untuk membuat foto hitam-putih. Kita mulai dengan bagian kering.

BAGIAN KERING
Pada bagian kering kita bekerja dengan alat pembesar. Mula-mula mengatur tajam sorotan gambar negatif pada selembar kertas biasa seukuran dengan foto yang akan dibuat, sambil menyusun komposisi yang sebaik-baiknya. Sesudah itu pada secarik kertas foto yang disebut lajur percobaan dicari penyinaran yang tepat untuk memperoleh ketebalan warna yang baik. Juga pada percobaan yang pertama anda tidak akan memperoleh warna foto yang seimbang, ada warna yang berlebihan. Mungkin setelah dua kali percobaan atau lebih, anda memperoleh warna yang memuaskan. Itulah pekerjaan pada bagian kering.

BAGIAN BASAH
Tiap lacur percobaan yang telah mendapat penyinaran dan penyaringan dimasukan kedalam tabung pencuci. Semua pekerjaan yang telah diterangkan sampai kepada mamasukan lajur percobaan kedalam tabung pencuci harus dilakukan dalam gelap atau dalam ruang yang diterangi oleh lampu aman saja, sebab kertas hanya boleh kena cahaya penyinaran lampu alat pembesar yang melalui lensa penyorotan gambar negatif ke atas kertas; terus cahaya lain akan mengakibatkan cadar setelah lajur percobaan berada pada tabung dan tabung ditutup, baru kita bisa bekerja dalam keadaan terang untuk mencuci lajur percobaan itu. 

Melalui saluran khusus kedalam tabung mula-mula dimasukan obat-pengembangan untuk mengolah ketas 3 ½ menit, sesudah itu obat-pengembangan diganti obat-pemucat-penetap untuk mengelolah selama 1 ½ menit dan akhirnya obat-pemucat-penetap diganti dengan air untuk membilan lajur percobaan itu selama 3 ½ menit. Selama pencucian berlangsung tabung harus diguling-gulingkan menurut pola tertentu. Pekerjaan mencuci kertas foto ini diterangkan pada bagian VIII dan XI.

Setalah melalui beberapa kali percobaan akhirnya akan diperoleh waktu yang tepat bagi penyinaran untuk memperoleh ketebalan warna yang baik, misalnya 12 ½ sekon dengan diafragma f8 dan penyaringan yang sesuai untuk memperoleh warna foto yang seimbang, senilai 70Y + 60M misalnya, barulah dibuat foto menurut ukuran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Artikel di atas adalah sebagai info saja bagian dasar dalam dunia pemotretan, namun jika Anda ingin menghasilkan foto yang bagus dan jernih maka kami sarankan untuk menggunakan photo booth.
Previous
Next Post »