Moment Penting Saat Mengambil Foto

12.19
Moment Penting Saat Mengambil Foto
Dalam hal menjepret foto, mungkin untuk sebagian orang Moment Penting Saat Mengambil Foto lah yang paling sulit didapatkan, moment yang tepat pada sebuah foto akan menjadi nilai tambahan yang sangat baik pada sebuah hasil foto. 

Tapi bagaimana caranya kita mendapatkan moment yang tepat, hal inilah yang perlu kita latih. Selain sering melatih kepekaan kita terhadap suatu kejadian, kadang faktor keberutungan juga dapat membantu kita untuk mendapatkan moment yang tepat. 


Moment yang tepat adalah ketika objek foto yang kita lihat “bergerak” sesuai dengan apa yang kita inginkan dan bagaimana kita merekamnya dengan tidak melupakan element utama foto yang lain.


Sebuah foto yang baik memang harus menghadirkan keempat element tersebut, tapi bagaimana kita meramunya dan mendapatkan keempat element tersebut dalam foto-foto yang akan kita hasilkan bukanlah perkara yang mudah. 

Untuk itulah kita harus sering melaksanakan kegiatan memotret guna mendapatkan hasil yang maksimal pada setiap hasil foto kita dan juga menambah pengetahuan kita dalam fotografi.
Ketika memotret kita juga perlu memperhatikan beberapa element pendukung dalam penciptaan sebuah foto, antara lain :

Format posisi

Ada dua format posisi dalam melaksanakan pemotretan, yaitu :
1.Lendscape (Horizontal)
Format posisi foto yang melebar kesamping, ketika memotret posisi kamera mendatar. Format foto ini disebut Landscape karena biasanya digunakan untuk memotret objek yang menggambarkan landscape atau pemandangan yang luas. Format foto ini biasanya digunakan pada foto-foto jurnalistik, karena formatnya yang sama dengan format televisi dan agar dapat lebih merekan suasana disekitarnya.

2.Portrait (Vertikal)

Pada format ini posisi kamera berlawanan dengan format posisi horizontal, posisi kamera berdiri, tidak mendatar dan format foto yang dihasilkan adalah tegak berdiri. Biasanya digunakan untuk memotret manusia, baik bagian wajahnya saja ataupun seluruh badan. Format foto ini lebih memfokuskan objek pada satu bagian dalam sebuh foto.
Catatan : Ketika memotret coba ambilah dua format tersebut, karena masing-masing format akan memiliki hasil yang berbeda sehingga foto yang akan dihasilkan akan lebih bagus dan lebih memiliki variasi.

Varian jarak pengambilan foto

Adalah bagaimana memainkan jarak antara kita dengan objek foto dan bagaimana objek foto itu nantinya pada hasil foto kita. Ada 3 varian jarak pengambilan foto, yaitu :
1.Longshoot 
Cara pengambilan foto dengan seperti mengambil foto dari jarak jauh, sehingga objek foto terlihat seluruhnya. Foto seperti ini biasanya untuk menggambarkan keseluruhan, atau bagaimana menampilkan keadaan sehingga terlihat seluruh suasana.

2.Medium shoot

Pengambilan foto dengan jarak medium, tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat dengan objek foto. Penampilan seperti ini ditunjukan untuk tetap menggambarkan objek foto utamanya, tetapi juga tetap menggambarkan suasana sekitarnya.

3.Cloue-up/detail

Melakukan pemotretan dari jarak dekat atau bahkan sangat dekat. Gunanya untuk mendapatkan gambar dari objek foto agar terlihat dekat, jelas dan detail. Pengambilan foto seperti ini biasa dilakukan untuk menampilkan objek foto seperti wajah manusia ataupun detail dari sebuah benda.
Pada dasarnya semua kamera digital akan melakukan proses komposisi warna dan focus secara otomatis. Mode fokus otomatis ini akan membantu Anda berkonsentrasi pada objek, bukan pada kamera. Setelah kita memiliki pengetahuan tentang kamera digital dan teknik memotret dengan kamera digital.
Info lainnya sewa photo booth.
Artikel terkait ukuran kertas foto berwarna.
Previous
Next Post »